25.2.06

"Gambar" tiga dimensi sejati

Future Feeder: 3D Plasma Display

Benar-benar futuristik, ala fiksi ilmiah Star Wars atau Star Trek. Laporan dari salah satu lembaga ilmiah di Jepang menunjukkan keberhasilan mereka membuat tampilan tiga dimensi yang benar-benar tiga dimensi.

National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST, Lembaga Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Industri Lanjut) dan Universitas Keio, Jepang, bekerja sama dengan Burton Inc., telah berhasil dalam percobaan pembuatan alat yang memeragakan "citra tiga dimensi sejati" yang tampak berupa larik (array) titik di udara. Alat tersebut memanfaatkan teknologi laser; laser yang digunakan disebut sebagai "infrared pulsed laser" (laser denyut inframerah). Laser tersebut diproyeksikan ke udara dan membentuk titik cahaya berpendar yang tampak melayang di udara. Dengan menggunakan beberapa proyektor laser semacam itu yang memanfaatkan cermin sebagai pengatur letak titik di udara, dapat dibentuk kumpulan titik dalam ruang tiga dimensi.

Rilis pers penelitian bersangkutan beserta foto-foto contoh ragaan tiga dimensi tampilan alat tersebut dapat dilihat di situs AIST dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Jepang (kelihatannya lebih lengkap dalam bahasa Jepang, tapi sayangnya saya tidak mengerti sedikitpun tulisan Jepang :p). Dokumen (aplikasi) paten alat bersangkutan dapat dilihat di sini.


...dan omong-omong...

Update (28.2.06)
Update (4.3.06)

Labels:

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Kalau yang satu ini gambar tiga dimensi dilihat dari sisi lain atau cara pandang mata kita yang harus paralel atau silang.

Coba deh, menarik dan unik abis.
http://www.illusion.novoya.com

makasih.

14 February, 2009 23:33  

Post a Comment

<< Home