4.4.06

Organ yang ditumbuhkan di laboratorium berhasil ditransplantasi ke pasien

NewScientist: Bio-engineered bladders successful in patients

Organ kandung kemih yang ditumbuhkan di laboratorium berhasil ditanamkan ke tubuh pasien dan berfungsi dengan baik. Dikatakan bahwa untuk pertama kalinya organ tubuh manusia berhasil ditumbuhkan di laboratorium dan ditransplantasi ke tubuh pasien. Karena ditumbuhkan dari sel-sel tubuh pasien itu sendiri, organ yang ditransplantasi tersebut tidak mendapat reaksi penolakan dari tubuh.

Prosedur tersebut berhasil dilakukan di Wake Forest University Medical School di Winston-Salem, North Carolina, Amerika Serikat. Sel otot dan sel kandung kemih pasien penderita kelainan fungsi kandung kemih diambil dan ditumbuhkan pada kerangka biodegradabel berbentuk seperti organ tersebut. Setelah tumbuh menjadi kandung kemih baru, organ tersebut dicangkokkan ke tubuh pasien dengan prosedur operasi.

Operasi pencangkokan organ biasanya mengambil organ donor dari orang lain, dengan risiko organ yang ditanamkan tersebut mendapat reaksi penolakan dari tubuh karena dianggap benda asing. Reaksi tersebut tidak terjadi dalam hal ini karena kandung kemih yang dicangkokkan tersebut ditumbuhkan dari sel tubuh pasien sendiri.

Walaupun masih dalam tahap uji coba, prosedur serupa pada masa depan diharapkan dapat membantu pasien-pasien yang membutuhkan donor organ lain, tidak hanya kandung kemih. Kelompok ilmuwan yang sama juga sedang mencoba menumbuhkan jantung dan pankreas di laboratorium.


Lihat juga: CNN: Doctors grow organs from patients' own cells

Update (5.4.06)

Labels: , ,

1 Comments:

Blogger Boe said...

At WAKE FOREST UNI!! Can you believe it? This is why I like US system, such small university can always come up with great bang boom result!! Ever heard about Tuskegee University? Well, another university with a leading research on insect molecullar physiology.. I mean, it almost like Universitas Cendrawasih publishing something way bigger than Eijkman..
THIS IS WHY DEMOCRACY (Well, EQUALITY to be precise) IS GOOD.
by the way, don't worry bout the last minute finding of methodical error, happened to everybody. Good luck for the defense!

07 April, 2006 05:18  

Post a Comment

<< Home