23.4.06

Gambar seksi bisa pengaruhi pengambilan keputusan

news@nature.com: Lingerie makes hagglers happy-go-lucky

Hal-hal yang menjurus ke seks dapat mempengaruhi keputusan pria, demikian kesimpulan para peneliti dari Universitas Leuven, Belgia. Setelah melihat gambar wanita berpakaian seksi, pria lebih cenderung mengambil keputusan yang dapat merugikan dirinya sendiri. Semakin tinggi kadar hormon testosteron pria, semakin besar pula kecenderungan tersebut.

Dalam penelitian tersebut, dua orang pria dikondisikan melakukan simulasi pembagian sejumlah uang; seorang mengusulkan jumlah bagian yang akan didapatkan oleh masing-masing orang, sedangkan orang satunya menerima atau menolak usulan tersebut. Usulan yang ditolak berarti pembagian uang dibatalkan. Percobaan menunjukkan bahwa pria dengan kadar testosteron tinggi cenderung mengalah dalam simulasi semacam itu setelah ditunjuki gambar wanita berbikini atau mengenakan pakaian dalam saja, juga setelah diminta mengapresiasi pakaian dalam wanita, namun tidak terpengaruh oleh gambar pemandangan, gambar wanita lansia, maupun t-shirt. Kadar testosteron dalam hal ini diukur dari panjang jari manis tangan (pria dengan jari manis panjang berarti berkadar testosteron tinggi).

Kecenderungan tersebut diduga disebabkan oleh pria yang menjadi santai dan tidak terlalu memedulikan uang setelah melihat wanita, atau pria yang setelah melihat wanita jadi menganggap uang sesedikit apapun tidak masalah asalkan ada untuk ditunjukkan.

Lihat juga: BBC: Sex cues ruin men's decisiveness

Labels: , ,

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Jari manis panjang? tangan atau kaki? Wah, ini menarik! Lamat2 saya ingat ada 'kepercayaan' Jawa tentang 'jari manis panjang itu artinya ... '

Salam kenal!

17 August, 2006 09:38  

Post a Comment

<< Home